Translate

Sabtu, 22 Oktober 2016

Konfiguras VOIP dengan menggunakan Server Trixbox

Konfigurasi VOIP 
dengan Trixbox
Apa Kabar ??? , kali ini saya akan membahas kembali VOIP yang sebelumnya kita sudah membahas VOIP denganmenggunakan server Axon , dan kali ini saya akan membuat VOIP dengan menggunakan server Trixbox. Sebelum memulai saya akan membahas sedikit tentang VOIP Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suarajarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
Jaringan VOIP disini penulis menggunakan Trixbox (Asterisk@home) yaitu VoIP Phone System yang berbasiskan sistem open source PBX (private Brance Excange) yang ketika sekali di-install kepad suatu PC dengan interface yang sesuai maka akan dapat di gunkan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, dan lain sebagainya. Trixbox sangat terkenal karena mengkombinasikan paket-paket Open Source Telepon terbaik yang disertakan di dalam sistem operasi tersebut.
Installasi Trixbox
Siapkan CD instalasi Trixbox
Pastikan bahwa setting pada BIOS akan mem-boot
 CD-ROM pertama kali, ubah terlebih dahulu jika
 setting BIOS belum benar
Masukkan CD Trixbox dan restart komputer.
 Tunggu hingga muncul tampilan berikut
Kemudian pilih bahasa yang ingin di gunakan , jika sudah klik ok 
Selanjutnya pilih type Keyboard yang ingin di gunakan , jika sudah klik ok 
Selanjutnya setting time zone yang anda inginkan seperti gambar di bawah ini 
Kemudian masukan password untuk login sebagai root di Trixbox , masukan password minimal 6 karakter
Tunggu hingga proses selesai 
Jika proses sudah selesai maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , berati anda berhasil menginstall trixbox

Konfigurasi Server
Selanjutnya Login sebagai root lalu masukan password root yang tadi anda buat 
Mengubah Ip Address
Ketik perintah ini "system-config-network" 
lalu pilih interface yang aktif ,yang akan kita ubah ip address
Lalu isi seperti gambar di bawah ini jika ingin menggunkan ip Static 
Selanjutnya restart network dengan menggunakan perintah /etc/init.d/network restart atau systemctl restart network
Jika sudah di restart , kemudian cek dengan menggunkaan perintah ip addr , dan disitu bisa di lihat ip server saya 20.20.20.20./24 
Konfigurasi Client (Windows 7)
Pertama ubah ip addr, menjadi 1 network dengan Server 
Jika sudah di ubah , selanjutnya kita tes ping Server 
Untuk mempermudah konfigurasi, kita akan memakai bantuan GUI,
buka browser dari Client, ketikan https:// (ip address server),
maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
rubah dari mode user ke mode admin
Jika muncul seoerti gambar di bawah ini maka isi user =maint dan password = password 
jika ingin mengubah password maint di cli server ketik perintah passwd-maint 
Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini 
Setelah masuk pada admin mode ,lalu masuk ke Asteristik kemudian pilih freePBX 
Maka tampilannya akan berubah seperti gambar di bawah ini 
Selanjutnya Membuat User untuk Client 
pertama klik Extensions 
Lalu klik Submit 
Selanjutnya isi di bagian 
Add Extension = user extensions : username yang akan di gunakan di client 
display name : name yang akan di gunakan di client 
Dan pada bagian Device Options = scret : isi password user (jangan sampai lupa)
Dan yang lainnya biarkan saja seperti default nya , jika sudah klik Submit 
Lalu buat lagi sesuai client yang anda miliki caranya sama seperti yang di atas 
, jika sudah anda bisa melihat user yang sudah kita buat ada di sebelah kanan 
JIka semuah Extension sudah di tambahkan ,selanjutnya reload system 
dengan memilih apply configuration cahanges 
Kemudian pilih continue with reload untuk melanjutkan reload system nya
JIka sudah di reload , kita akan masuk ke client pertama (Fitri1)
Klik SIP Account Settings 
disini saya menggunakan user Fitri1 
masukan  display name =Fitri1 
Username =123
password user serta ip server , jika sudah di sisi klik ok 

Jika muncul seperti gambar di bawah ini maka user Fitri1 dengan username 123 
siap di gunakan 
Selanjutnya kita berahli ke Client 2 (Fitri2)
Cara nya hampir sama hanya saja account berbeda 
disini saya menggunakan user Fitri2 
masukan  display name =Fitri2 
Username =1234
password user serta ip server , jika sudah di sisi klik ok 
Jika muncul seperti gambar di bawah ini maka user Fitri2 dengan username 1234 
siap di gunakan 
Jika Kita sudah mempunyai 2 client maka kita bisa melakukan percobaan 
telfon dari client 1 (Fitri1)ke client 2(Fitri2)
ketik username client 2 lalu tekan tombul hijau 
jika berhasil maka di client 2 akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini  

JIka client 1 dan 2 sudah bisa terhubung ,kita bisa menambah 
Konfigurasi Client 3 menggunakan ekiga , sebelumnya install terlebih dahulu ekiga
jika sudah diinsatall klik edit lalu pilih Accounts
Dan pada bagian Accounts pilih Add a SIP Account  
Disini saya menggunakan user Fitri3 
isi name : Fitri3
registrar :ip address server
Authentication user ; username user 
password user 
timeout biarkan saja seperti default , jika sudah klik ok 
Jika berhasil maka akan seperti gambar di bawah ini 
Selanjutnya kita melakukan percobaan 
telfon dari Client 3 ke Client 2
ketik username client2@ip address server , lalu klik tombol hijau 
Jika berhasil maka akan muncul notifikasi di client 2 seperti gambar di bawah ini 
Semoga Berhasil *_*

0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran