Konfigurasi VOIP
dengan Trixbox
Apa Kabar ??? , kali ini saya
akan membahas kembali VOIP yang sebelumnya kita sudah membahas VOIP denganmenggunakan server Axon , dan kali ini saya akan membuat VOIP dengan
menggunakan server Trixbox. Sebelum memulai saya akan membahas sedikit tentang
VOIP Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet
telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suarajarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan
dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
Jaringan
VOIP disini penulis menggunakan Trixbox (Asterisk@home) yaitu VoIP Phone System
yang berbasiskan sistem open source PBX (private Brance Excange) yang ketika
sekali di-install kepad suatu PC dengan interface yang sesuai maka akan dapat
di gunkan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, dan lain
sebagainya. Trixbox sangat terkenal karena mengkombinasikan paket-paket Open
Source Telepon terbaik yang disertakan di dalam sistem operasi tersebut.
Installasi Trixbox
Siapkan
CD instalasi Trixbox
Pastikan
bahwa setting pada BIOS akan mem-boot
CD-ROM pertama kali, ubah terlebih dahulu jika
setting BIOS belum benar
Masukkan
CD Trixbox dan restart komputer.
Tunggu hingga muncul tampilan berikut
Kemudian pilih bahasa yang ingin di gunakan , jika sudah klik ok Selanjutnya pilih type Keyboard yang ingin di gunakan , jika sudah klik ok
Selanjutnya setting time zone yang anda inginkan seperti gambar di bawah ini
Kemudian masukan password untuk login sebagai root di Trixbox , masukan password minimal 6 karakter
Tunggu hingga proses selesai
Jika proses sudah selesai maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , berati anda berhasil menginstall trixbox
Konfigurasi Server
Selanjutnya Login sebagai root lalu masukan password root yang tadi anda buat Mengubah Ip Address
Ketik perintah ini "system-config-network"
lalu pilih interface yang aktif ,yang akan kita ubah ip address
Lalu isi seperti gambar di bawah ini jika ingin menggunkan ip Static
Selanjutnya restart network dengan menggunakan perintah /etc/init.d/network restart atau systemctl restart network
Jika sudah di restart , kemudian cek dengan menggunkaan perintah ip addr , dan disitu bisa di lihat ip server saya 20.20.20.20./24
Konfigurasi Client (Windows 7)
Pertama ubah ip addr, menjadi 1 network dengan Server
Jika sudah di ubah , selanjutnya kita tes ping Server
Untuk mempermudah konfigurasi, kita akan
memakai bantuan GUI,
buka browser dari Client, ketikan https://
(ip address server),
maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
rubah dari mode user ke mode admin
Jika muncul seoerti gambar di bawah ini maka isi user =maint dan password = password
jika ingin mengubah password maint di cli server ketik perintah passwd-maint
Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini
Setelah masuk pada admin mode ,lalu masuk ke Asteristik kemudian pilih freePBX
Maka tampilannya akan berubah seperti gambar di bawah ini
Selanjutnya Membuat User untuk Client
pertama klik Extensions
Lalu klik Submit
Selanjutnya isi di bagian
Add Extension = user extensions : username yang akan di gunakan di client
display
name : name yang akan di gunakan di client
Dan pada bagian Device Options = scret : isi password user (jangan sampai lupa)
Dan yang lainnya biarkan saja seperti default nya , jika sudah klik Submit
Lalu buat lagi sesuai client yang anda miliki caranya sama seperti yang di atas
, jika sudah anda bisa melihat user yang sudah kita buat ada di sebelah kanan
JIka semuah Extension sudah di tambahkan ,selanjutnya reload system
dengan memilih apply configuration cahanges
Kemudian pilih continue with reload untuk melanjutkan reload system nya
JIka sudah di reload , kita akan masuk ke client pertama (Fitri1)
Klik SIP Account Settings
disini saya menggunakan user Fitri1
masukan display name =Fitri1
Username =123
password user serta ip server , jika sudah di sisi klik ok
Jika muncul seperti gambar di bawah ini maka user Fitri1 dengan username 123
siap di gunakan
Selanjutnya kita berahli ke Client 2 (Fitri2)
Cara nya hampir sama hanya saja account berbedadisini saya menggunakan user Fitri2masukan display name =Fitri2Username =1234password user serta ip server , jika sudah di sisi klik ok
Jika muncul seperti gambar di bawah ini maka user Fitri2 dengan username 1234
siap di gunakan
Jika Kita sudah mempunyai 2 client maka kita bisa melakukan percobaan
telfon dari client 1 (Fitri1)ke client 2(Fitri2)
ketik username client 2 lalu tekan tombul hijau
jika berhasil maka di client 2 akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini
JIka client 1 dan 2 sudah bisa terhubung ,kita bisa menambah
Konfigurasi Client 3 menggunakan ekiga , sebelumnya install terlebih dahulu ekiga
jika sudah diinsatall klik edit lalu pilih Accounts
Dan pada bagian Accounts pilih Add a SIP Account
Disini saya menggunakan user Fitri3
isi name : Fitri3
registrar :ip address server
Authentication user ; username user
password user
timeout biarkan saja seperti default , jika sudah klik ok
Jika berhasil maka akan seperti gambar di bawah ini
Selanjutnya kita melakukan percobaan
telfon dari Client 3 ke Client 2
ketik username client2@ip address server , lalu klik tombol hijau
Jika berhasil maka akan muncul notifikasi di client 2 seperti gambar di bawah ini
Semoga Berhasil *_*









































0 komentar:
Posting Komentar