Cara Membuat Hostpot menggunakan Router Mikrotik
Apa Kabar ??? oke kali ini saya akan membuat Hostpot menggunakan Router Mikrotik
Peralatan yang di perlukan :
- Leptop / Komputer
- RB Mikrotik support Acces Point
- Kabel UTP (LAN)
- Adapter RB
- Aplikasi Winbox
dan port ethernet 3 sebagai jalur penghubung router
Selanjutnya jalankan Winbox
jika leptop / komputer anda sudah terhubung dengan router maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu pilih Mac Address lalu klik "connect"
Setting Ip Address
Selanjutnya Caranya pada winbox, klik menu IP kemudian pilih addresses.
masukan IP address dan pilih ethernet yang digunakan untuk IP address tersebut
lalu klik "apply "
kemudina klik "comment " untun menandakan ip , masukan keterangannya sesuka anda , jika sudah klik ok
Lihat gambar untuk lebih jelasnya.
Kemudian buat ip dan wlan caranya hampir sama seperti gambar di atas
Selanjutnya aktifkan wlan yang tadi kita buat caranya
masuk ke wireless tables >> Interfaces >> pilih wlan 1 >> klik icon ceklis
Kemudian kita akan membuat security ,untuk memberika password , agar tidak semua orang bisa terhubung dengan hostpot yang tadi kita buat caranya security Profiles >> klik icon +
Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu isi seperti gambar di bawah ini , name dan password boleh bebas tapi jangan sampai lupa
Jika sudah terbuat maka pada tampilan security terlihat security yang tadi kita buat
Kemudian setting Interface wlan 1
isikan seperti gambar di bawah ini , kecuali SSID(untuk nama hostpot yang tadi kita buat ) isi sesuai yang anda inginkan
kemudian pada bagian security profil ubah menjadi security yang tadi kita buat .
jika sudah klik apply ,kemudian klik ok
Setting Firewal
klik menu IP kemudian pilih Firewal
Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini lalau masuk ke nat >> klik icon +
Lalu ubah pada bagian out interface menjadi "all ethernet "
kemudian pada bagian Action ubah menjadi "massqueraed"
jika sudah klik "apply >> ok "
Konfigurasi DNS
klik menu IP kemudian pilih Dns
maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu klik "icon panah ke bawah "
Maka msuka ip yang di gunakan ether2 yang sebagai jalur menuju internet
jika sudah klik apply >> ok
Router List
klik menu IP kemudian pilih Routes
Maka akan muncul router list seperti gambar di bawah ini , kita akan menabhakan router list ,caranya klik icon +
Lalu isi gateway dengan ip ether2 yang sebagai jalur menuju internet
jika sudah klik apply >> ok
Jika sudah berhasil mebuatnya maka akan terlihat di router list
pengujian Pertama
pertama nyalakan wi-fi di leptop anda
kemudian hubungkan dengan hospot / wifi yang tadi kita buat
disini saya menggunkan nama Fitri
maka akan di mitakan password , masukanlah password yang tadi anda buat
Jika anda memasukan password benar maka akan terhubung dan berhasil
Selanjutnya pengujian langsung menggunakan web , dan ternyata gagal padahal sudah bisa ping google .com
Gagal penyebabnya karena kita belum setting Bridge
caranya klik bridge >> klik icon +
Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini lalu biarkan seperti default saja , kemudian klik apply >> ok
dan jika anda berhasil membuatnya maka akan terlihat , seperti gambar di bawah ini
Selanjutnya masuk ke ports untuk membuat port klik icon +
lalu pilih interface yang kita gunakan jika sudah klik apply >> ok
lihat gambar di bah ini untuk lebih jelasnya
Kemudian buat untuk semua interface , caranya sama seperti gambar di bawah ini , hanya yang di bedakan interfac
pengujian ke dua
kita connect kan kembali
Selanjutnya kita kembali melakukan pengujian langsung menggunakan web
dan ternyata berhasil
Semoga Berhasil *_*
































0 komentar:
Posting Komentar