Translate

Selasa, 31 Januari 2017

Cara Membuat Hostpot menggunakan Router Mikrotik


Cara Membuat Hostpot menggunakan Router Mikrotik

Apa Kabar ??? oke kali ini saya akan membuat Hostpot menggunakan Router Mikrotik



Peralatan yang di perlukan :
  • Leptop / Komputer 
  • RB Mikrotik support Acces Point
  • Kabel UTP (LAN)
  • Adapter RB
  • Aplikasi Winbox
Langkah pertama hubungkan kabel utp disini saya menggunakan port ethernet 2 yang akan terhubung ke internet
dan port ethernet 3 sebagai jalur penghubung router 

Selanjutnya jalankan Winbox 
jika leptop / komputer anda sudah terhubung dengan router maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu pilih Mac Address lalu klik "connect" 
 Setting Ip Address
Selanjutnya Caranya pada winbox, klik menu IP kemudian pilih addresses.
Lalu klik tanda add “+”,
masukan IP address dan pilih ethernet yang digunakan untuk IP address tersebut
lalu klik "apply " 
kemudina klik "comment " untun menandakan ip , masukan keterangannya sesuka anda , jika sudah klik ok 
Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

 Kemudian buat ip dan wlan caranya hampir sama seperti gambar di atas 
Selanjutnya aktifkan wlan yang tadi kita buat caranya 
masuk ke wireless tables >> Interfaces >> pilih wlan 1 >> klik icon ceklis 
Kemudian kita akan membuat security ,untuk memberika password , agar tidak semua orang bisa terhubung dengan hostpot yang tadi kita buat caranya security Profiles >> klik icon +  
Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu isi seperti gambar di bawah ini , name dan password boleh bebas tapi jangan sampai lupa 
 Jika sudah terbuat maka pada tampilan security terlihat security yang tadi kita buat 
 Kemudian setting Interface wlan 1 
isikan seperti gambar di bawah ini , kecuali SSID(untuk nama hostpot yang tadi kita buat ) isi sesuai yang anda inginkan 
kemudian pada bagian security profil ubah menjadi security yang tadi kita buat .
jika sudah klik apply ,kemudian klik ok 
Setting Firewal
klik menu IP kemudian pilih Firewal
 Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini lalau masuk ke 
nat >> klik icon +
 Lalu ubah pada bagian out interface menjadi "all ethernet " 
 kemudian pada bagian Action ubah menjadi "massqueraed"
jika sudah klik "apply >> ok "
Konfigurasi DNS 
klik menu IP kemudian pilih Dns
 maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu klik "icon panah ke bawah "
 Maka msuka ip yang di gunakan ether2 yang sebagai jalur menuju  internet
jika sudah klik apply >> ok 
 Router List
klik menu IP kemudian pilih Routes
Maka akan muncul router list seperti gambar di bawah ini , kita akan menabhakan router list ,caranya klik icon +
 Lalu isi gateway dengan ip ether2  yang sebagai jalur menuju  internet
jika sudah klik apply >> ok
 Jika sudah berhasil mebuatnya maka akan terlihat di router list 
pengujian Pertama
pertama nyalakan wi-fi di leptop anda 
kemudian hubungkan dengan hospot / wifi yang tadi kita buat 
disini saya menggunkan nama Fitri 
maka akan di mitakan password , masukanlah password yang tadi anda buat 
 Jika anda memasukan password benar maka akan terhubung  


 Ping google.com 
dan berhasil 
Selanjutnya pengujian langsung menggunakan web , dan ternyata gagal padahal sudah bisa ping google .com 

Gagal penyebabnya karena kita belum setting Bridge
caranya klik bridge >> klik icon +
Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini lalu biarkan seperti default saja , kemudian klik apply >> ok 
dan jika anda berhasil membuatnya maka akan terlihat , seperti gambar di bawah ini 
Selanjutnya masuk ke ports untuk membuat port klik icon +
lalu pilih interface yang kita gunakan jika sudah klik apply >> ok 
lihat gambar di bah ini untuk lebih jelasnya
Kemudian buat untuk semua interface , caranya sama seperti gambar di bawah ini , hanya yang di bedakan interfac 
pengujian ke dua 
kita connect kan kembali 
Selanjutnya kita kembali melakukan pengujian langsung menggunakan web
dan ternyata berhasil 

Semoga Berhasil *_*



0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran