Cara Membangun Konsep VOIP menggunakan Mikrotik Ap Bridge dengan Dinamis IP (DHCP)
Peralatan yang di perlukan :
- Leptop / Komputer
- RB Mikrotik support Acces Point
- Kabel UTP (LAN)
- Adapter RB
- Aplikasi Winbox
- Server (Trixbox)
Setting Ip Address
- Langkah pertama Setting ip addr server Trixbox dengan menggunkan perintah "netconfig"
- jika sudah terbuka isi ip addr yang ingin anda gunakan , jika sudah di isi klik "ok"
- Kemudian restart network dengan menggunakan perintah "/etc/init.d/network restart"
- Setelah itu cek apahkah ip sudah berubah atau blm dengan menggunakan perintah "ip addr"
dan port ethernet 3 sebagai jalur penghubung router
Selanjutnya jalankan Winbox
jika leptop / komputer anda sudah terhubung dengan router maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu pilih Mac Address lalu klik "connect"
Setting Ip Address
Selanjutnya Caranya pada winbox, klik menu IP kemudian pilih addresses.
Selanjutnya buat ip seperti gambar di bawah ini masuk ke wireless tables >> Interfaces >> pilih wlan 1 >> klik icon ceklis
Kemudian kita akan membuat security ,untuk memberika password , agar tidak semua orang bisa terhubung dengan hostpot yang tadi kita buat caranya security Profiles >> klik icon +
Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu isi seperti gambar dibawah ini , name dan password boleh bebas tapi jangan sampai lupa
Jika sudah terbuat maka pada tampilan security terlihat security yang tadi kita buat
Kemudian setting Interface wlan 1
isikan seperti gambar di bawah ini , kecuali SSID(untuk nama hostpot yang tadi kita buat ) isi sesuai yang anda inginkan
kemudian pada bagian security profil ubah menjadi security yang tadi kita buat .
jika sudah klik apply ,kemudian klik ok
Setting Firewal
klik menu IP kemudian pilih Firewal
Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini lalau masuk ke
nat >> klik icon +
Lalu ubah pada bagian out interface menjadi "all ethernet "
kemudian pada bagian Action ubah menjadi "massqueraed"
jika sudah klik "apply >> ok "
Konfigurasi DNS
klik menu IP kemudian pilih Dns
maka akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu klik "icon panah ke bawah "
Maka msuka ip yang di gunakan ether3 yang sebagai jalur menuju internet
jika sudah klik apply >> ok
Router List
klik menu IP kemudian pilih Routes
Maka akan muncul router list seperti gambar di bawah ini , kita akan menabhakan router list ,caranya klik icon +
lalu tambah router list untuk ether3 dan wlan
jika sudah klik apply >> ok
Ping google.com
dan berhasil
Setting Bridge
caranya klik bridge >> klik icon +
Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini lalu biarkan seperti default saja , kemudian klik apply >> ok
dan jika anda berhasil membuatnya maka akan terlihat , seperti gambar di bawah ini
Selanjutnya masuk ke ports untuk membuat port klik icon +
lalu pilih interface yang kita gunakan jika sudah klik apply >> ok
lihat gambar di bawa h ini untuk lebih jelasnya
Kemudian buat untuk semua interface , caranya sama seperti gambar di bawah ini , hanya yang di bedakan interface
Setting DHCP
klik menu IP kemudian pilih DHCP Server
Kemudian pada menu DHCP Server pilih DHCP Setup untuk memulai Wizard-nya .Lalu pilih interface yang akan di gunakan untuk memberikan layanan DHCP , disini sya menggunkan bridge , lalu klik "next "
Selanjutnya kita akan menentukan DHCP Adress Space
Karena ip addr jaringan bridge saya adalah 172.16.2.xxx/24 ,maka akan secara otomatis Wixard akan menawarkan DHCP Adress Space :172.16.2.0/24, lalu klik "next "
Kita menetukan IP Gateway
IP Gateway adlah ip addr dari interface yang menjebatani antara jaringan dengan mikrotik , tentunya pada contoh Mikrotik kita gunakan Ip addr :172.16.2.1 ,lalu klik "next "
Kemudian kita menetukan DHCP IP Addr Range atau lokasi IP Addr yang akan di layani client, lalu klik "next "
Selanjutnya menetukan IP Addr Server
disini saya menggunkan ip addr yang sudah di daftar kan di DNS , lalu klik "next "
Selanjutnya kita menentukan LEASE TIME alias Waktu Persewaan IP Address atau Waktu yang di sewakan. Intinya adalah Lama waktu yang diberikan kepada Client untuk mengunakan IP Address otomatis dari DHCP Server Mikrotik. Misalnya kita berikan waktu 10 menit ( 00:10:00 ) -> Artinya : Jika Client masih terkoneksi ke jaringan LAN melebihi waktu 10 menit, maka Client tersebut akan tetap mendapatkan IP Address yang sama dan lease time-nya kembali mulai 10 menit lagi. Namun jika dalam waktu 10 menit Client sudah tidak terkoneksi ke jaringan maka IP Address tersebut dapat digunakan oleh Client yang lain. Lalu kita klik "next "
Selanjutnya akan
muncul tampilan seperti dibawah ini : “Setup has completed successfully”. Berarti Wizard DHCP Server telah selasai dan telah sukses kita
lakukan. Lalu kita klik “OK”.
Selanjutnya kalau
kita buka menu : IP -> POOL maka kita akan ada IP Pool baru
dengan nama “dhcp_pool1” yang berisi IP :172.16.2.
Untuk mempermudah konfigurasi, kita akan memakai bantuan GUI,
buka browser dari Client, ketikan https:// (ip address server),
maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
rubah dari mode user ke mode admin
Lalu klik Switch maka isi user =maint dan password = password
jika ingin mengubah password maint di cli server ketik perintah passwd-maint
Setelah masuk pada admin mode ,lalu masuk ke Asteristik kemudian pilih freePBX
Maka tampilannya akan berubah seperti gambar di bawah ini
Selanjutnya Membuat User untuk Client
pertama klik Extensions >> Submit
Selanjutnya isi di bagian
Add Extension = user extensions : username yang akan di gunakan di client
display name : name yang akan di gunakan di client
Sip Alias: isi seperti user extension
Dan pada bagian Device Options = scret : isi password user (jangan sampai lupa)
Dan yang lainnya biarkan saja seperti default nya , jika sudah klik Submit
Lalu buat lagi sesuai client yang anda miliki caranya sama seperti yang di atas
, jika sudah anda bisa melihat user yang sudah kita buat ada di sebelah kanan
JIka semuah Extension sudah di tambahkan ,selanjutnya reload system
dengan memilih apply configuration cahanges

Kemudian pilih continue with reload untuk melanjutkan reload system nya
JIka sudah di reload , kita mulai saja percobaanya
Disini saya mencobanya dengan menggunkan 2 Headphon
Langkah pertama hubungkan ke dua Hp dengan server
carnya dengan menggunkan wifi

Jika sudah terhubung , kemudian buka zoiper
lalu klik "Accounts"
Lalu klik "Add Account "
Maka Akan muncul Notif seperti itu ,untuk menanyakan apahkah kamu sudah menyiapkan account seperti username dan passwordnya
jika sudah klik "yes" , jika belum anda bisa membuatnya seperti cara yang di atas
Kemudian pada bagian ini kita pilih "Manual Configuration "
Selanjutnya pilih "SIP "
Lalu isi seperti gambar di bawah ini , disini saya menggunkan Account Client
jika , sudah di isi klik "Save "
Dan pada HP yang satu nya lagi menggunkan Account PC TKJ , caranya sama seperti yang di atas
Jika Sudah berhasil maka akan terlihat account yang tadi kita buat , dan ada tulisan "Account is ready "
Dan pada HP yang satunya lagi pun sudah berhasil
Jika kedunya zoiper sudah siap di gunkan , kita bisa langsung percobaan tlp
Disini saya mencoba tlp dari Account PC TKJ ke Client
jika berhasil , maka pada zoiper client akan ada panggilan masuk , jika ingin mengangkat bisa menggeser tombol hijau
Jika Sudah di angkat ,kita bisa bicara sepuasnya , tanpa takut pulsa habis
Disini saya mencoba tlp dari Account Client ke PC TKJ
jika berhasil , maka pada zoiper PC TKJ akan ada panggilan masuk , jika ingin mengangkat bisa menggeser tombol hijau

























































0 komentar:
Posting Komentar