Konfigurasi FTP menggunakan Windows Server 2012
Apa Kabar ??? , kali ini saya akan membuat FTP dengan menggunakan Windows Server 2012 , Sebelum memulai saya akan membahas sedikit tentang FTP.
File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP (protokol yang berada di lapisan transport) koneksi bukan UDP (bagian dari internet Protokol). Dua hal yang Penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client
Konfigurasi Server
Ip addres Server : 20.20.20.20/24
Klik Add roles and feture
Klik next
Selanjutnya Pilih Role-based or feature-based installation , lalu klik next
Selanjutnya pilih server selektion , lalu klik next Kemudian Centang web server iis yang sudah terinstall klik FTP Server lalu klik next
Selanjutnya pada bagian Features tidak usah menambahkan fiture yang ada , kemudian klik next
Tahap selanjutnya adalah ringkasan tentang dhcp server klik insatll untuk menambahkan di tool yang ada di server
Tunggu hingga proses installasi selesai , jika sudah selesai klik close
Perlu di perhatikan disini dns sudah terinstall , kemudian tambahkan host dengan nama ftp dan menggunakan ip address server , lalu klik ok
Dan tambahkan lagi host dengan nama www dan menggunakan ip address server , lalu klik ok
Jika sudah di buat host kita bisa melihat di DNS manager , seperti gambar di bawah ini
Jika sudah selesai membuat host kita bisa coba cek ping dengan menggunakan cmd , dengna menggunakan perintah ping www.(nama domain anda )dan ping ftp.(nama domain anda)Konfigurasi Anonymous
SERVER
Disini Ftp authentication menetukan user yang akan logi
karena di sini yang akan login user Anonymous ,maka yang di enabled Anonymous
Selanjutnya FTP authoriziation mengizinkan user yang akan login adalah Anonymous
Selanjutnya membuat terlebih dahulu folder ftp yang akan dijadikan letak folder yang akan di upload dan download
Kemudian Lebih bagus folder di isi , jangan sampai kosong
Setelah itu menambahkan FTP site
caranya :
buka Internet Information Services (IIS) Manager
Kemudian klik Site dan klik Add FTP site
Setelah itu isi FTP site name : dengan nama situs ftp
dan di bagian Physical path :isi dengan lokasi folder FTP yang tadi kita buat
jika sudah klik next
jika semuanya sudah di isi klik next
Selanjutya Ip binding yang akan di gunakan sesuaikan dengan ip address Server
lalu pada bagian SSL pilih No SSL ,lalu klik Next
Kemudian pada bagian Authentication berikan Anonymous (semua user boleh mengakses ftp tersebut ,dan pada bagian Permissions centang read dan Write ,lalu klik Finish
Selanjutnya create ftp yang sudah di buat lalu klik Explore
Maka Secara otomatis kita akan mengakses FTP yang kita buat
Dan selanjutnya kita coba mengakses lewat CMD
cara dengan menggunakan perintah ftp ftp.(nama domain) >>Anonymous
Jika ingin membuat Folder baru bisa menggunakan perintah mkdir (nama folder)
dan jika ingin melihat isi ftp dan folder yang barusan kita buat dengan menggunakan perintah dir
Client (Windows 10)
Slanjutnya kita mencoba mengakses FTP di client
Caranya:
Setting Ip address
Jika sudah di setting kita coba tes ping
1. tes ping ip Server
2. ping nama domain
3.ping nama FTP
Jika sudah berhasil ping berati sudah terhubung dengan server , maka bisa mengakses FTP
caranya hampir sama yang di atas
Lewat CMD kita bisa juga upload dan download file dengan perintah
put >>Untuk menaruh File di Server
get >>untuk mengambil / mengunduh file dari Server
Menggunakan perintah get
caranya
cek dulu file apa saja yang ada di server menggunakan perintah dir
lalu masukan perintah get (nama file nya )
lalu kita cek kembali apahkah file tersebut masi ada di server atau tidak , karena kita hanya mengcopy tidak mengcutnya
Menggunakan perintah put
caranya
buat terlebih dahulu file tersebut di client
lalu masukan perintah put (lokasi folder serta nama folder )karena saya login sudah ada di lokasi file tersebut berada jadi saya hanya menggunakan perintah put (nama file)
Kemudian kita coba mengakses dengan FileZila
caranya
Host : ip address Server
Username :Anonymous
lalu klik Quickconnect
Konfigurasi Authentication User
Server
Buka Internet Information Services (IIS) Manager
Buka Internet Information Services (IIS) Manager
Kemudian klik Site dan klik Add FTP site
Setelah itu isi FTP site name : dengan nama situs ftp
dan di bagian Physical path :isi dengan lokasi folder FTP yang tadi kita buat
jika sudah klik next
jika semuanya sudah di isi klik next
Selanjutya Ip binding yang akan di gunakan sesuaikan dengan ip address Server
lalu pada bagian SSL pilih No SSL ,lalu klik Next
Kemudian pada bagian Authentication berikan Basic (tidak semua user boleh mengakses ftp tersebut ,dan pada bagian Permissions centang read dan Write ,lalu klik Finish
dan ini adalah site
Membuat User yang boleh mengakses FTP
caranya
klik tools lalu pilih Active Directory User and Computers
Lalu klik User dan klik icon orang yang ada di atas
Lalu isi Authentication user yang di izinkan mengakses ftp tersebut , nama harus beda dengan nama ftp , lalu klik Next
Kemudian Isi Password , lalu klik Next
Selanjutnya mencoba buka ftp ://20.20.20.20 dan login sebagai user yang sudah di daftarkan , lalu klik log on
Dan ini isi FTP nya
Mencoba mengakses di browser , caranya hampir sama yang kaya di atas
Dan ini adalah isinya
Selanjutnya kita coba mengakses lewat cmd yang ada di server
Client (Windows 10)
Mengakses dengan FileZila
isi dengan
Host : Ip address server
Username :coba (nama user yang tadi kita buat
Password : yang di miliki user
Lalu klik Quickconnect
Mengakses dengan Cmd , menggunakan user yang tadi kita buat
Kemudian kita coba mengakses dengan browser pakai Internet expoler yang ada diClient
Masukan User dan password yang tadi kita buat , lalu klik log on
Dan ini adalah isi dari FTP
Semoga Berhasil *























































0 komentar:
Posting Komentar