Membangun Chat Server dengan OpenFire di Debian
Apa kabar ???, oke kali ini saya akan membuat Chat Server dengan
Openfire di Debian , oke sebelum memulai konfigurasinya saya akan memberitahu
sedikit penjelasan tentang openfire . Openfire adalah sebuah aplikasi yang
paling banyak di gunakan untuk Chat Server /Instan Messaging Server yang free
di bawah license Open Source Apache ,semua bisa menggunkan ,tanpa harus
mengeluarkan biaya apapun.Aplikasi ini bisa di gunakan di 3 OS yaitu Windows
Linux, dan MacOS.
Untuk melakukan Konfigurasi di butuhkan Java Runtime
Environment(JRE) , Openfire ini dapat di akses menggunakan chat client seperti
Spark dan Pidgin. Oke kita langsu saja memulai Konfigurasinya ,Ip address
Debian /server =199.188.177.20
Langkah Langkah Konfigurasi Server
Install Debian, kemudian Atur ip address
Lalu membuat database untuk openfire
disini saya menggunakan MYSQL, maka kita harus menginstall terlebih dahulu msql
dengan menggunakan perintah “apt-get
install msql-server”

Selanjutnya membuat database dengan menggunakan perintah ini
§ root@Fitri:~# mysql -u root -p
§ Enter password : (Masukin password
databasenya)
§ mysql > create database openfire;
§ mysql >(tekan ctrl+z) untuk keluar
Selanjutnya menginstall Java Runtime Environment (JRE), Seperti dijelaskan sebelumnya , agar aplikasi openfire ini bisa berjalan dibutuhkan software JRE , jadi kita harus install terlebih dahulu dengan menggunakan perintah “apt-get install default-jre”
Setelah di download kemudian kita install paket openfire dengan
menggunakan perintah “dpkg –I (nama paket
yang baru saja anda download)”
Langkah Langkah Konfigurasi Client
Setting ip addr pc client harus satu network dengan server
Jika sudah kita tes ping ip address server
Selanjutnya
kita akan melukan konfigurasi administration melalui WEB , jadi kali ini kita
akan bertemu dengan si GUI. Untuk memulainya kita bisa mengakses di “http://ipaddress server:9090 di PC client sebagai contoh ip saya http://199.188.177.20:9090
, maksud dari 9090 adalah port untuk admin openfire.
Setelah masuk kita tinggal mengikuti saja langkah-langkah instalasi nya , ini cukup mudah kok tinggal mengikuti perintah wizard nya aja , Disini langkah pertamanya adalah pemilihan bahasa , disini saya menggunakan bahasa engglish, jika anda ingging menggunakan bahasa lain boleh saja asalkan mengertia. Setelah selesai klik continue
Setelah masuk kita tinggal mengikuti saja langkah-langkah instalasi nya , ini cukup mudah kok tinggal mengikuti perintah wizard nya aja , Disini langkah pertamanya adalah pemilihan bahasa , disini saya menggunakan bahasa engglish, jika anda ingging menggunakan bahasa lain boleh saja asalkan mengertia. Setelah selesai klik continue
Kemudian langkah selanjutnya adalah pengisian domain dan port saja , karena tadi saya belum menggunakan dns jadi domainnya kita isikan saja dengan IP , dan portnya biarkan saja mereka apa adanya jika sudah klik continue
Kemudian isi seperti di bawah ini
§ Database Driver Presets : Isikan dengan jenis
database kita , karena tadi kita buat dengan MySQL maka kita isi dengan Mysql
§ Database URL : Letak database kita ,ubah
menjadi seperti gambar diatas, kata "openfire" adalah nama database
yang tadi ktia buat
§ Setelah itu masukan username dan password
databasenya
JIka sudah di isi klik continue
Di bagian Profile Setting pilih “Default” , lalu klik continueKemudian isi seperti di bawah ini
Admin Email Address = admin@ip address server
New Password = (Kalo ini terserah, tapi jangan di lupain ya)
Confirm Password = (Samain aja sama yang diatas)
New Password = (Kalo ini terserah, tapi jangan di lupain ya)
Confirm Password = (Samain aja sama yang diatas)
Jika sudah
klik continue
Selanjutnya maka akan muncul “Login to the admin console” anda
tinggal klik saja
Username= admin
Password= (yang tadi anda buat)
Jika sudah di isi klik Login
Selanjutnya kita akan membuat user baru untuk client, klik user/groups>> create new user>>
kemudian isi seperti di bawah ini
Username =boleh apa aja, tapi jangan di lupain
Name = bebas sesuai keinginan anda
Email =admin@ip address
server
New Password = (Kalo ini terserah, tapi jangan di lupain ya)
Confirm Password = (Samain aja sama yang diatas)
New Password = (Kalo ini terserah, tapi jangan di lupain ya)
Confirm Password = (Samain aja sama yang diatas)
Jika semuanya sudah di isi lalu klik Create User
lalu kita buat satu lagi user caranya hampir sama dengan yang di atas Oke berati saya memiliki 2 user yaitu "fitri dan teman"
Percobaaan Spark di Client
download spark terlebih dahulu jika anda blm punya
kemudian install
lalu login dengan mengisi
Username = (yang tadi anda buat)
Password = (password user yang tadi anda buat)
Server = (ip address server)
jika semuanya sudah di isi klik login
Maka tampilannya seperti gambar di bawah ini
Oke kita berahli ke spark user fitri, untuk mengadd Spark user teman , caranya klik icon orang yang ada di sebelah kiri , maka akan muncull Add contact, lalu isi username = teman(user lain ,untuk teman chat)
nickname = (bebas sesuai keinginan kita)
group = friends
jika sudah klik add
Maka di Spark user teman akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu klik accept untuk mengizinkan pertemanan
Oke berati sekarang Spark user teman dan Spark user fitri ,sudah menjadi teman
Selanjutnya kita akan membuat Grup chat di Spark user fitri klik icon chat>> pilih teman yang ingin di undang>> kemudian isi seperti gambar di bawah ini
Rome name = pribadi(bebas)
Rome Topic =kabar(boleh apa saja)
jika ingin di private maka centang kotang Room is Private
lalu masukan password =( terserah , tapi jangan di lupain)
jika semuanya sudah di isi klik create
Maka tampilan group chat seperti gambar di bawah ini
Sekarang kita berahli lagi ke spark user teman, jika ingin bergabung di grup chat pribadi maka akan di minta password karena grup chat di privasi, isi password yang tadi di buat, jika sudah di isi lalu klik ok
Maka Spark teman dan Spark fitri bisa mengobrol , ya contoh obrolannya seperti gambar di bawah ini
yang ada di sebelah kanan adalah user yang bergabung di group chat tersebut
Langkah pertama adalah menginstall Pidgin di PC Client, berikut ini adalah langkah** installasinya
Download Pidgin
lalu jalan kan Pidgin
pilih bahasa yang ingin di gunakan
Kemudian klik next
Selanjutnya klik Next
Lalu centang kotak Desktop , kemudian klik Next
Selanjutnya pilih file Pidgin ingin di letakan di mana , jika sudah klik Install
lalu tunggu proses Installasi selesai jika sudah Complate , bisa klik Next
Oke maka penginstall Pidgin sudah selesai , bisa klik Finish
Kemudian akan muncul Dialog Accounts , klik add
Selanjutnya Login dengan menggunakan user fitri , isi seperti gambar di bawah ini
Pada bagian Basic
Protocol =XMPP
Username =username
Domain= (Ip address Server)
Password= (password user tersebut)
local alias = username
Jika sudah kita berahli ke bagian Advanced
Connect Port = ( jangan di ubah)
Connect Server = (ip address Server)
File transfer provies =(ip address Server)
selanjutnya kita klik add
Kemudian kita login Pidgin dengan menggunakan user yang satunya lagi (teman), caranya hampir sama hanya di bedakan pengisian username , password , dan Local alias
contonhnya seperti gambar di bawah ini
Maka akan muncul seperti gamba di bawah ini , klik Accept untung mengizinkan pertemanan
Oke sekarang Pidgin user fitri sudah berteman dengan pidgin user teman, oke sekarang kita akan mulai chat , klik friends teman
Maka akan muncul Dialog kosong , maka anda tinggal mulai mengechat, lalu tampilannya seperti gambar di bawa ini
Dan ini adalah tampilan chat dari Pidgin user teman
Semoga Berhasil *_*








































0 komentar:
Posting Komentar