Translate

Sabtu, 01 Oktober 2016

Membuat Chat Server dengan Openfire di Debian dengan Chat Client Spark dan Pidgin

Membangun  Chat Server dengan OpenFire di Debian

Apa kabar ???, oke kali ini saya akan membuat Chat Server dengan Openfire di Debian , oke sebelum memulai konfigurasinya saya akan memberitahu sedikit penjelasan tentang openfire . Openfire adalah sebuah aplikasi yang paling banyak di gunakan untuk Chat Server /Instan Messaging Server yang free di bawah license Open Source Apache ,semua bisa menggunkan ,tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.Aplikasi ini bisa di gunakan di 3 OS yaitu Windows Linux, dan MacOS.
Untuk melakukan Konfigurasi di butuhkan Java Runtime Environment(JRE) , Openfire ini dapat di akses menggunakan chat client seperti Spark dan Pidgin. Oke kita langsu saja memulai Konfigurasinya ,Ip address Debian /server =199.188.177.20

Langkah Langkah Konfigurasi Server

Install Debian, kemudian Atur ip address
Lalu membuat database untuk openfire disini saya menggunakan MYSQL, maka kita harus menginstall terlebih dahulu msql dengan menggunakan perintah “apt-get install msql-server”


 Selanjutnya membuat database dengan menggunakan perintah ini
§  root@Fitri:~# mysql -u root -p
§  Enter password : (Masukin password databasenya) 
§  mysql > create database openfire; 
§  mysql >(tekan ctrl+z) untuk keluar

Selanjutnya menginstall Java Runtime Environment (JRE), Seperti dijelaskan sebelumnya , agar aplikasi openfire ini bisa berjalan dibutuhkan software JRE , jadi kita harus install terlebih dahulu dengan menggunakan perintah “apt-get install default-jre”
 Download terlebih dahulu paket openfire ,untuk debian dan keturunannya 
Setelah di download kemudian kita install paket openfire dengan menggunakan perintah “dpkg –I (nama paket yang baru saja anda download)”

 Jika sudah di install kita jalankan paket openfire dengan mengggunakan perintah “/etc/init.d/openfire start “

Langkah Langkah Konfigurasi Client 

Setting ip addr pc client harus satu network dengan server

Jika sudah kita tes ping ip address server

Selanjutnya kita akan melukan konfigurasi administration melalui WEB , jadi kali ini kita akan bertemu dengan si GUI. Untuk memulainya kita bisa mengakses di “http://ipaddress server:9090 di PC client sebagai contoh ip saya http://199.188.177.20:9090 , maksud dari 9090 adalah port untuk admin openfire.

Setelah masuk kita tinggal mengikuti saja langkah-langkah instalasi nya , ini cukup mudah kok tinggal mengikuti perintah wizard nya aja , Disini langkah pertamanya adalah pemilihan bahasa , disini saya menggunakan bahasa engglish, jika anda ingging menggunakan bahasa lain boleh saja asalkan mengertia. Setelah selesai klik continue


Kemudian langkah selanjutnya  adalah pengisian domain dan port saja , karena tadi saya belum menggunakan dns jadi domainnya kita isikan saja dengan IP , dan portnya biarkan saja mereka apa adanya jika sudah klik continue
 Kemudian pilih “Standard Database Connection”, klik continue.

Kemudian isi seperti di bawah ini
§  Database Driver Presets : Isikan dengan jenis database kita , karena tadi kita buat dengan MySQL maka kita isi dengan Mysql
§  Database URL : Letak database kita ,ubah menjadi seperti gambar diatas, kata "openfire" adalah nama database yang tadi ktia buat 
§  Setelah itu masukan username dan password databasenya
JIka sudah di isi klik continue
 Di bagian Profile Setting pilih “Default” , lalu klik continue

Kemudian isi seperti di bawah ini
Admin Email Address = admin@ip address server
New Password = (Kalo ini terserah, tapi jangan di lupain ya)
Confirm Password = (Samain aja sama yang diatas)
Jika sudah klik continue
 Selanjutnya maka akan muncul “Login to the admin console” anda tinggal klik saja
 Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu isi
Username= admin
Password= (yang tadi anda buat)
Jika sudah di isi klik Login
 Selanjutnya kita akan membuat user baru untuk client, klik user/groups>> create new user>> kemudian isi seperti di bawah ini
Username =boleh apa aja, tapi jangan di lupain
Name = bebas sesuai keinginan anda
Email =admin@ip address server
New Password = (Kalo ini terserah, tapi jangan di lupain ya)
Confirm Password = (Samain aja sama yang diatas)
Jika semuanya sudah di isi lalu klik Create User
 lalu kita buat satu lagi user caranya hampir sama dengan yang di atas 
 Oke berati saya memiliki 2 user yaitu "fitri dan teman"
 Percobaaan Spark di Client 
download spark terlebih dahulu jika anda blm punya 
kemudian install 
lalu login dengan mengisi 
Username = (yang tadi anda buat)
Password = (password user yang tadi anda buat)
Server = (ip address server) 
jika semuanya sudah di isi klik login
 Maka tampilannya seperti gambar di bawah ini
Oke kita berahli ke spark user fitri, untuk mengadd Spark user teman , caranya klik icon orang yang ada di sebelah kiri , maka akan muncull Add contact, lalu isi username = teman(user lain ,untuk teman chat)
nickname = (bebas sesuai keinginan kita)
group = friends 
jika sudah klik add
 Maka di Spark user teman akan muncul seperti gambar di bawah ini , lalu klik accept untuk mengizinkan pertemanan
 Oke berati sekarang Spark user teman dan Spark user fitri ,sudah menjadi teman 
 Selanjutnya kita akan membuat Grup chat di Spark user fitri klik icon chat>> pilih teman yang ingin di undang>> kemudian isi seperti gambar di bawah ini 
Rome name = pribadi(bebas)
Rome Topic =kabar(boleh apa saja)
jika ingin di private maka centang kotang Room is Private
lalu masukan password =( terserah , tapi jangan di lupain)
jika semuanya sudah di isi klik create
 Maka tampilan group chat seperti gambar di bawah ini 
 Sekarang kita berahli lagi ke spark user teman, jika ingin bergabung di grup chat pribadi maka akan di minta password karena grup chat di privasi, isi password yang tadi di buat, jika sudah di isi lalu klik ok
 Maka Spark teman dan Spark fitri bisa mengobrol , ya contoh obrolannya seperti gambar di bawah ini 
yang ada di sebelah kanan adalah user yang bergabung di group chat tersebut

Percobaaan Pidgin di Client 
Langkah pertama adalah menginstall Pidgin di PC Client, berikut ini adalah langkah** installasinya 
Download Pidgin 
lalu jalan kan Pidgin
pilih bahasa yang ingin di gunakan
 Kemudian klik next
 Selanjutnya klik Next
 Lalu centang kotak Desktop , kemudian klik Next
 Selanjutnya pilih file Pidgin ingin di letakan di mana , jika sudah klik Install
 lalu tunggu proses Installasi selesai jika sudah Complate , bisa klik Next
 Oke maka penginstall Pidgin sudah selesai , bisa klik Finish
 Kemudian akan muncul Dialog Accounts , klik add 
 Selanjutnya Login dengan menggunakan user fitri , isi seperti gambar di bawah ini 
Pada bagian Basic
Protocol =XMPP
Username =username 
Domain= (Ip address Server)
Password= (password user tersebut)
local alias = username
 Jika sudah kita berahli ke bagian Advanced 
Connect Port = ( jangan di ubah)
Connect Server = (ip address Server)
File transfer provies =(ip address Server)
selanjutnya kita klik add


Kemudian kita login Pidgin dengan menggunakan user yang satunya lagi (teman), caranya hampir sama hanya di bedakan pengisian username , password , dan Local alias
contonhnya seperti gambar di bawah ini 

Maka  akan muncul seperti gamba di bawah ini , klik Accept untung mengizinkan pertemanan
 Oke sekarang Pidgin user fitri sudah berteman dengan pidgin user teman, oke sekarang kita akan mulai chat , klik friends teman 
Maka akan muncul Dialog kosong , maka anda tinggal mulai mengechat, lalu tampilannya seperti gambar di bawa ini  
 Dan ini adalah tampilan chat dari Pidgin user teman

Semoga Berhasil *_*

0 komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran